09/02/13

Lima Agama kenang Gus Dur


Jumat, 15 Januari 2010 09:44 WIB 


WONOSARI: Forum Lintas Iman (FLI) Gunungkidul bersama lima agama dan kepercayaan menggelar refleksi bersama ajaran dan pemikiran Abdulrahman Wahid atau Gus Dur bertempat di halaman DPRD Gunungkidul, Rabu (13/1) pukul 20.00 WIB.
Acara yang bertujuan merajut kerukunan lintas agama dan kepercayaan dihadiri ratusan umat dari lima agama, perwakilan tokoh atau pemuka agama ini sekaligus menjadi kegiatan perdana dalam upaya membentuk kerukunan hidup umat beriman di Kabupaten Gunungkidul.
Pada sarasehan berlangsung sejumlah tokoh dan pemuka lintas agama Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik masing-masing menyampaikan pendapatnya terhadap kiprah dan pemikiran Gus Dur semasa hidup.
“Pemikiran sikap dan perilaku Gus Dur selama hidup sangat kami dirasakan sebagai tokoh yang berani berdiri tegak di tengah perbedaan dan kemajemukan umat beragama dan beriman. Ini terlihat dari kemauan Gus Dur yang selalu membuka komunikasi secara baik dengan agama minoritas,” kata Aloysios Sumarno tokoh umat Katolik.
Samanera Badra Palo mewakili pemuka agama Budha menyatakan Gus Dur bukan saja milik umat muslim melainkan umat agama dan kepercayaan lain yang juga diakui sebagai tokoh pluralis, nasionalis dan kesetaraan.
Meskipun sempat diguyur hujan dan ratusan peserta dan para peserta dipindahkan ke dalam gedung DPRD. Namun antusias umat lima agama bertambah dengan terus berdatangan dari sejumlah wilayah Gunungkidul.
Ketua FLI Aminudin Azis mengatakan kegiatan lintas agama ini menjadi salah satu kegiatan bersama untuk meningkatkan kesadaran hidup antar beragama di tengah masyarakat dan kemajemukan. (Endro Guntoro)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar