10/02/13

Hari Ini Sertijab Kapolres Gunungkidul, Masyarakat Berharap Penegakan Hukum Diprioritaskan

Delapan bulan menjabat sebagai Kapolres Gunungkidul, AKBP Sudarmanto dimutasi dan menjabat sebagai Kapolres Sleman. Jabatan Kapolres Gunungkidul selanjutnya akan diisi oleh AKBP Yulza Sulaiman dari Direskrim Polda DIY, serah terima jabatan dilaksanakan di Mapolda DIY, Selasa (3/3). Menjelang pergantian jabatan tersebut, banyak masyarakat berharap agar Kapolres yang baru bisa berhasil dalam penegakan hukum dan menjaga disiplin anggota. Sementara hubungan baik yang telah terjalin dengan masyarakat agar lebih ditingkatkan dan tidak sekadar dalam slogan.

Direktur Lembaga Kajian dan Studi Sosial (LKdS) Gunungkidul, Aminudin Aziz SPd menyoroti dua periode kepemimpinan Kapolres seudah banyak mengalami perubahan. Penegakan hukum internal dan pencitraan anggota kepolisian selama ini sudah cukup baik. " Tetapi hendaknya tidak sampai disini, tetapi rutinitas pengawasan dan peningkatan disiplin dan penegakan hukum harus tetap berjalan. Sehingga polisi yang dikenal masyarakat selama ini mampu tampil sebagai sosok panutan yang memiliki standarisasi moral dan dapat menghindari perbuatan tercela," katanya.

Hal senada diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat, yang menyoroti kinerja polisi sekalipun belum sepenuhnya baik tetapi dalam dua periode kepemimpinan AKBP Joko Lelono dan AKBP Sudarmanto sudah banyak membawa perubahan signifikan. Kedekatan polisi dan masyarakat telah ditempuh dengan berbagai metode dan kenyataannya mendapat tanggapan positif masyarakat.

Sedangkan terkait masalah penegakan disiplin AKBP SUdarmanto dikenal masyarakat memiliki komitmen tinggi. Selama kepemimpinannya terdapat beberapa oknum anggota yang dikenai sanksi  berat. Hal itu tentu menjadi pelajaran bagi seluruh anggota Polri tidak terkecuali Kapolres yang baru untuk tetap memiliki komitmen agar anggota kepolisian dapat menumbuhkan budaya bersih.

http://www.gunungkidulkab.go.id/home.php/pustaka/filevideo/pustaka/%5C%22?mode=content&submode=detail&id=1115

Tidak ada komentar:

Posting Komentar