11/02/13

DUGAAN PENGANIAYAAN POLISI: Dua Saksi Siap Beri Keterangan Kecelakaan Reza

GUNUNGKIDUL— Kedatangan tokoh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Seto Mulyadi atau akrab dikenal Kak Seto sedikit menguak teka-teki musibah kecelakaan yang dialami Reza Eka Wardana, 16, remaja asal Jeruksari, Wonosari, yang kini kondisinya masih koma di ruang ICCU RS Bethesda Jogja.
KPAI yang mengandeng sejumlah LSM lokal di Gunungkidul mulai menemukan dua orang saksi sebagai pihak yang mengetahui penyebab terjatuhnya siswa SMA Dominikus Wonosari diduga kuat adanya unsur pemukulan oleh oknum anggota Polres Gunungkidul.
“Kami belum bisa menyebutkan nama dua saksi dalam musibah kecelakaan Reza. Mereka masih anak-anak sehingga perlakuan dan penanganan harus secara khusus dilakukan demi melindungi hak-hak anak,” kata Koordinator Lembaga Kajian dan Studi Sosial (LKdS) Aminudin Aziz kepada Harian Jogja seusai bertemu berbagai pihak lembaga yang fokus mengawal musibah Reza.
Dia menyatakan penanganan terhadap saksi anak memang harus cukup hati-hati agar lepas dari berbagai bentuk ancaman dan ketakutan untuk kesaksian dimuka hukum nanti.
Dua saksi tersebut adalah dua anak yang tidak mengenal Reza namun pada saat musibah dialami Reza sempat menyaksikan dari jarak tertentu.Dua saksi yang masih duduk di bangku sekolah menyatakan siap dimintai keterangan soal musibah Reza.
Diakui Aziz dua orang saksi yang siap memberikan keterangan sebenarnya merupakan dua dari banyak saksi yang mengetahui pasti celakanya Reza di kawasan Alun-Alun Wonosari pada malam Takbir Idul Adha Kamis (25/10) lalu.
“Insya Allah dua saksi ini kalau diminta menunjukkan wajah oknum petugas polisi masih ingat. Tapi ini perlu pelan-pelan,” ujarnya.
Salah satu saksi minta namanya dirahasiakan membenarkan telah bertemu secara tertutup dengan Kak Seto terkait musibah Reza. “Ya tadi kami bertemu dengan beliau bersama lima saksi lainnya,” singkatnya kepada Harian Jogja melalui BlackBerryMasanger (BBM).
Saksi mewanti-wanti namanya tidak disebutkan menguraikan terdapat dua petugas berseragam polisi berdiri tak jauh dari pedagang roti bakar dipagar DPRD Gunungkidul, tepatnya sebelah selatan jalan. Adapun dua polisi berada di kiri jalan.
“Salah satu dari dua polisi yang berdiri di sebelah selatan jalan itu tangan kirinya terlihat  diayunkan ke arah Reza setelah menikung dari arah utara dan menyebabkan Reza terjatuh ditengah jalan. Jadi jatuhnya Reza tidak kena trotoar seperti kabar selama ini. Poisisi jatuhnya ditengah badan jalan,” ujarnya.

http://www.solopos.com/2012/11/02/dugaan-penganiayaan-polisi-dua-saksi-siap-beri-keterangan-kecelakaan-reza-344370

Tidak ada komentar:

Posting Komentar