10/02/13

Outbond & Capasity Building

Senin, 16 Juli 2012

YOGYAKARTA – BMT Jaringanan Muamalat Center Indonesia telah mengadakan Outbond dan Capasity Buliding untuk para pengelolanya pada hari Sabtu 14 Juli 2012 di Kampung Nusantara Desa Wisata Jelok Beji  Patuk Gunung Kidul Yogyakarta. Kegiatan Outbond ini diikuti oleh 40 peserta dari 5 (lima) BMT Jaringan Muamalat Center Indonesia yaitu BMT Dana Insani, BMT Mandiri, BMT Batik Mataram, BMT Mitrama dan BPRS Mitra Cahaya Insani.
Kegiatan diawali dengan sambutan dari Direktur Pengelola Kampung Nusantara yaitu Bapak Aminuddin Aziz dan perwakilan dari MCI yaitu Bapak Toto Suparwoto. Selain refreshing Kegiatan Outbond dan Capasity Buliding ini dilaksanakan dengan tujuan belajar sesuatu yang baru (learning to know), belajar melakukan sesuatu (learning to do), belajar bersosialisasi/bekerjasama (learning to live together) dan belajar untuk selalu memperbaiki diri (learning to be).
 
Seperti kegiatan-kegiatan outbond yang kita ketahui, aktifitas outbond diisi dengan beberapa permainan tim. Timdibagi dalam 4 yaitu Tim Telo, Mumbur, Jati dan Bambu, dimana setiap kelompok beranggotakan 9 (sembilan) orang yang merupakan gabungan/bauran antara pengelola BMT-BMT Jaringan. Setiap tim berusaha untuk tetap kompak dari awal hingga akhir dengan mengumpulkan point di setiap permainannya.
 
Acara diakhiri dengan sharing sesion mengenai makna dari masing-masing permainan seperti pada permainan segitiga bambu kita diharapkan dapat menempatkan seseorang sesuai dengan kemampuannya, satu suara dalam mengambil keputusan dan saling menjaga, pada permainan bola pipa kita diharapkan untuk selalu jujur, mau mendengarkan, selalu bekerja sama dan melatih kesabaran. Di permainan ular panjang kita diajak untuk berkonsentrasi dan fokus tidak terpengaruh pihak lain. Pada tali keseimbangan kita belajar untuk bisa berinovasi, tidak takut dalam mengambil keputusan walaupun mungkin hasilnya tidak seperti yang kita harapkan, di permainan perahu karet kita belajar untuk bisa mempercayai orang lain untuk mencapai satu tujuan dan terakhir flaying fox kita belajar untuk menaklukan rasa takut dan melepaskan semua beban yang ada sehingga pikiran dapat lebih segar kembali.
 
Kelompok yang berhasil mengumpulkan point tertinggi adalah kelompok MUMBUR, penyerahan kenang-kenangan diberikan oleh pengelola kampung nusantara yang diberikan kepada Ibu Ani sebagai perwakilan dari tim Mumbur.
 
Semoga kegiatan ini dapat rutin dilakukan oleh BMT Jaringan MCI untuk menyegarkan suasana dan yang pasti memperkuat tali silaturahmi.

http://muamalatcenter.or.id/web/page/54/Outbond-Capasity-Building

Tidak ada komentar:

Posting Komentar