13/02/13

Tradisi Wiwitan : Acara Selamatan Tibanya Masa Panen



indosiar.com, Yogyakarta - (Selasa, 12.02.2013) Masyarakat Dusun Jelok Beji, Pathuk, Gunung Kedul, Yogyakarta menggelar tradisi wiwitan. Wiwitan ini sebuah tradisi puji syukur kepada Tuhan saat panen tiba. Tradisi yang nyaris punah ini kini berupaya dihidupkan kembali, bahkan dikemas sebagai paket wisata pedesaan untuk konsumsi wisatawan.
Dengan mengenakan pakaian tradisional, puluhan warga Dusuk Jelok Beji, Pathuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini bersiap mengikuti prosesi arak-arakan dalam tradisi wiwitan atau upacara selamatan mensyukuri panen padi.
Dipimpin seorang tokoh adat setempat, arak-arakan membawa berbagai umba rampe dalam tradisi wiwitan berjalan menyusuri jalan perkampungan menuju persawahan yang tidak jauh dari kampung ini. Sejumlah barang yang dibawa diantaranya adalah nasi ingkung ayam kampung, aneka ubi-ubian, sayur pecel, buah-buahan, sambel gepeng berikut dengan ikan laut goreng.
Setibanya di areal persawahan yang akan dipanen, prosesi diawali dengan doa bersama yang dilanjutkan secara simbolis memotong sepasang batang padi yang melambangkan sepasang pengantin. Potongan padi ini kemudian disimpan dalam lumbung dan dimaknai agar padi tidak cepat habis dan mampu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat setempat.

Puncak dari tradisi wiwitan adalah umbul dahar atau makan bersama. Dan acara ini yang dinanti-nantikan warga dari segala lapisan usia. Umba rampe yang mereka bawa disantap bersama. Tradisi yang nyaris punah, saat ini berupaya dihidupkan kembali, bahkan oleh pengelola desa wisata Jelok dijadikan paket wisata pedesaan. (Sudaryono/Sup)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar