11/02/13

SAMBUT 1 SURO DENGAN KIRAB BUDAYA

Written By Sorot Gunungkidul on Rabu, 14 November 2012 | 08:24

Wonosari (sorotgunungkidul)
Menyambut Tahun Baru Jawa atau Malam 1 Suro, Rabu malam (14/11)  ini beberapa komunitas budaya di kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kirab budaya mengelilingi Kota Wonsari. Acara ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan budaya jawa yang semakin terkikis keberadaannya. Selain kirab budaya acara tersebut diakhir dengan orasi budaya yang diikuti oleh peserta kirab dan masyarakat.

Kirab yang diikuti oleh Komunitas Sosial Hitam Putih dari Baleharjo, Komunitas Pemuda Bansari dan Forum lintas Iman Gunungkidul yang dimulai dari Alun-alun Kota Wonosari dan berakhir di Taman Parkir Kota Wonosari disambut meriah oleh warga masyarakat dengan menampilkan berbagai busana adat, kesenian daerah, dan pasukan Lombok ijo sebagai ungkapan keanekaragaman kebudayaan.

“Bahwa budaya akan menjadikan manusia lebih beradab sehingga tindakan tindakan yang menyimpang seperti kekerasan dapat dihindari”, papar Aminudin Aziz dari Forum Lintas Iman Gunungkidul dalam orasinya. Sedangkan Lukas dari Komunitas Sosial Hitam Putih menyampaikan, “Perbedaan budaya bukanlah halangan untuk menjalin persatuan, diharapkan keanekaragaman budaya yang ada menjadi alat pemersatu masyarakat”.

 “Kegiatan yang kali pertama ini diselenggarakan, mengingat pemuda pada umumnya sudah banyak melupakan kebuadayaan yang menjadikan Gunungkidul bagian dari Keistimewaan Yogyakarta” kata Guntur penggagas kegiatan.

“Kami mengharapkan kepada pemuda pemuda khususnya di Kabupaten Gunungkidul agar dapat melestarikan kebuayaan asli daerah menjadi salah satu kebutuhan dan warisan untuk anak cucu kita nantinya, juga kegiatan tersebut dapat dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh kelompok pemuda yang lebih banyak lagi” tegas guntur. (kris_hdr)

http://www.sorotgunungkidul.com/2012/11/sambut-1-suro-dengan-kirab-budaya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar