11/02/13

Reza Koma Diduga Dianiaya Polisi, LSM Desak Polres GK Usut Tuntas

GUNUNGKIDUL—Kalangan aktivis LSM di Gunungkidul mendesak kepolisian mengusut tuntas dugaan tindak kekerasan terhadap Reza Eka Wardana, 16, warga Jeruksari, Wonosari. Banyak kalangan menduga Reza dianiaya oleh Polisi.
“Ini harus mendapat penanganan khusus karena memang banyak masyarakat mengadu pada kami. Masyarakat curiga atas luka parah yang dialami Reza dalam musibah itu. Kami desak Kapolres agar mengusut tuntas kasus ini hingga bisa menunjukkan kebenaran secara nyata dan adil,” kata Aminudin Aziz kordinator LSM Gunungkidul kepada Harian Jogja, Selasa (30/10/2012).
Reza kini dalam kondisi koma. Pihak keluarga, teman maupun kerabat curiga Reza mendapat perlakuan kekerasan. Kecurigaan makin bertambah setelah ada informasi dari warga Jeruksari, yang mengatakan ada seorang petugas polres Gunungkidul yang hendak mengajak berdamai dengan  menyerahkan uang santunan ganti rugi senilai Rp20 juta.
“Uang itu ditolak pihak keluarga Reza. Ini yang menjadi kecurigaan masyarakat. Kalau memang kecelakaan, kenapa ada oknum polisi datangi keluarga akan mengasih uang Rp 20 juta. Jadi kami berniat mengusut kebenaran sesungguhnya. Apalagi ini menyangkut dugaan korp kepolisian. Kami harap kapolres memprioritaskan kebenaran dalam musibah Reza ini,” ujar Aziz.
“Kami mendesak Kapolres Gunungkidul AKBP Ihsan Amin agar mengusut persoalan ini sampai tuntas hingga menemukan kepastian secara benar dan adil. Kemugkinan memang ada pelaku oknum aparat polisi yang melakukan tindak kekerasan terhadap masyarakat sipil harus ditindak sesuai hukum yang berlaku dan harus dipertanggungjawabkan,” ujarnya ditempat terpisah.

http://www.boyolalipos.com/2012/reza-koma-diduga-dianiaya-polisi-lsm-desak-polres-gk-usut-tuntas-343308

http://regional.kabar24.com/2012/nasional/hukum-kriminal/reza-koma-diduga-dianiaya-polisi-lsm-desak-polres-gk-usut-tuntas-343308

Tidak ada komentar:

Posting Komentar