09/02/13

RELAWAN GALANG DANA KORBAN GEMPA

WONOSARI – Untuk meringankan beban penderitaan para korban gempa di Sumatera Barat, sejumlah relawan di Gunungkidul yang diprakarsai Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelar aksi peduli korban gempa Sumatera Barat.
 Beberapa elemen pemuda yang menjadi relawan dalam bentuk penggalangan dana dengan aksi donor darah, pengumpulan dana para pelintas jalan serta tidak ketinggalan persaudaraan tatto Gunungkidul juga ikut membagi kepedulian bagi korban gempa di Sumbar yang dipusatkan di Alun-alun Wonosari.
Dana yang dikumpulkan para relawan dari para pelintas jalan protokol berkisar Rp 6 juta ini selanjutnya akan dikirimkan ke lokasi bencana bersama 45 kantong darah hasil pendonor darah untuk persediaan medis bagi para korban gempa Sumatera Barat.   “Aksi mengetuk hati warga masyarakat Gunungkidul ini kami gelar sebagai wujud kepedulian penderitaan para korban gempa Sumbar. Karena diantara para pemuda di sini  tidak banyak uang untuk dapat membantu, maka darah yang kita pilih kami bagikan,” kata Ketua Umum KNPI Gunungkidul Aminudin Azis.
Digelarnya aksi kemanusiaan ini merupakan tindak lanjut dari gagalnya sejumlah relawan Gunungkidul berangkat ke lokasi bencana untuk membantu secara langsung, karena proses evakuasi karena terkendala pendanaan. “Apabila ada lembaga sosial yang memang siap membantu pemberangkatan para relawan Gunungkidul, KNPI. PMI Gunungkidul dan Vertical Rescue (VR) sebagai Tim SAR darat di Gunungkidul yang terlatih, telah mempersiapkan beberapa personil relawan,” tambahnya.
Sementara itu persaudaraan tatto Gunungkidul turut membagi kepedulian bagi korban gempa di Sumbar bersama KNPI, PMI, Pemuda Tegalsari, dan Vertical Rescue. Persaudaraan Tatto Gunungkidul yang digagas seniman tatto Wonosari Intan AW dari studio tatto GONG, berlokasi di Jalan Agus Salim Kranon Wonosari rela menatto di tenda yang di dirikan diantara posko relawan. “Keseluruhan hasil dari karya seni tatto beberapa pengunjung di posko secara khusus dialokaksikan untuk membantu para relawan dalam penggalangan dana yang akan dikirim bagi korban gempa Sumbar,” kata Intan AW disela menggambar tatto dilengan pengunjung. (ryo)

http://www.gunungkidulkab.go.id/home.php?mode=content&submode=detail&id=1596

Tidak ada komentar:

Posting Komentar