06/05/14

Forum Lintas Iman Sayangkan Tindakan FJI


Forum Lintas Iman Sayangkan Tindakan FJI  
Aminudin Azis

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Ketua Forum Lintas Iman (FLI) Gunungkidul, Aminudin Aziz menyayangkan tindakan Front Jihad Islam (FJI) yang melakukan penyegelan tempat ibadah dan meminta kembali 8 orang muslim yang akan menganut ajaran nasrani. Menurutnya, FJI bisa berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan forum lain dalam melakukan suatu tindakan.
“Kalau itu sudah masuk ranah hukum silakan lapor ke penegak hukum. Karena ini negara hukum, jangan berjalan sendiri. Kita pantau bersama-sama. Kita dorong penegak hukum untuk menegakkan demokrasi. Jangan bertindak sendiri. Jujur kita menyayangkan apa yang dilakukan FJI,” katanya, Senin (07/04/2014).
Aziz menambahkan, sebelumnya untuk masalah pembangunan tempat ibadah, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dengan Pemda Gunungkidul sudah mempunyai kesepakatan, kalau tempat ibadah yang sudah lama berdiri sebelum Surat Keputusan Bersama (SKB) III menteri, masalah perijinan bukan jadi hal yang prinsip untuk dibicarakan karena sebenarnya banyak tempat ibadah muslim sekalipun yang tidak ada ijinnya.
“Kalau mau memperlakukan seperti itu, perlakukan ke semuanya,” ujarnya.
Kaitannya dengan mempengaruhi umat untuk memeluk agama tertentu, apabila dilakukan dengan paksa diatur dalam UU tidak boleh. Menurut Azis, kepercayaan atau agama yang dianut biarlah berasal dari hati nurani masing-masing.
“Orang yang melakukan proses pindah agama harusnya ada surat pernyataan. Hak asasi mereka to? Kalau dengan paksaan itu baru nggak boleh,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar