03/05/14

Berbagai Elemen Masyarakat Kecam Oknum Ormas Islam


Berbagai Elemen Masyarakat Kecam Oknum Ormas Islam  
Aksi di depan gedung DPRD Gunungkidul

Wonosari,(sorotgunungkidul.com)--Sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi damai dengan tema "Mengutuk Kekerasan Berbasis Agama" di depan Alun-alun Pemkab Gunungkidul, Sabtu (03/05/2014). Aksi tersebut merupakan buntut kejadian pengrusakan mobil dan intimidasi terhadap Koordinator Forum Lintas Iman (FLI), AA yang dilakukan oknum dari ormas Islam kemarin sore.

Elemen masyarakat dalam aksi ini meliputi Jaringan Pluralisme Gunungkidul, Kaum Muda Katholik Gunungkidul, Gerakan Muda Kristen RI (Gamki), Parisadha Hindhu Dharma, Paradha Budha, GP Ansor, Banser NU, IPPNU, Mahasiswa Gunungkidul, Tokoh lintas Agama Gunungkidul, Paguyuban Wartawan, Karag, Mahasiswa, Tokoh Agama, Gerakan Setia Nusantara (GSN) DIY dan PCNU Gunungkidul.

Pada aksi damai tersebut, mereka menuntut agar pihak kepolisian menangkap pelaku pengrusakan mobil koordinator FLI Gunungkidul juga meminta agar bupati dan wakil bupati Gunungkidul tak tinggal diam atas tindakan yang dianggap meresahkan kerukunan lintas agama tersebut.

"Hak kebebasan beragama juga dijamin dalam pasal 29 Ayat (2) UUD 1945 menyatakan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing untuk beribadat. Hal yang terjadi kemarin sudah jelas melanggar hukum, jadi kami minta pihak kepolisian bertindak tegas," ucap Rino Caroko salah satu koordinator LSM di Gunungkidul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar